Sejarah dari Sistem Operas Linux Ubuntu

 Pengenalan Sistem Operasi Linux Ubuntu 9.04


1.1  Sejarah singkat dan Perkembangannya.

Sistem Operasi merupakan software utama komputer yang bertugas mengatur
pembagian daya kerja komputer sebuah sistem komputer. Sistem operasi juga dapat dikatakan sebagai sebuah pusat pengendalian komputer, ianya menjadi manajer operasional para software yang terdapat dalam sebuah sistem komputer agar seluruh program dapat beroperasi dengan baik.
            Linux adalah salah satu sistem operasi yang menyita banyak perhatian para pengguna komputer di seluruh dunia. Tapi tahukah kita dari mana kata asalnya Linux itu sendiri ?
            Adalah seorang mahasiswa berkebangsaan Finlandia yang merupakan orang pertama yang menemukannya. Linux Torvalds, demikaian nama penemunya.l Tak heran jika Linux dipakai menjadi nama operating system seperti nama penemunya. Agustus 1991, Linux mengerjakan versi 0.01. Dan pada tahaun yang sama, tepatnya pada ytanggal 5 Oktober 1991, secara rwsmi meluncurkan versi 0.02.
            Pada mulanya, ia dibuat dan digunakan oleh peminatnya saja. Kini Linux telah mendapat sokongan dari perusahaan besar seperti IBM, dan Hewlwtt Packard dan perusahaan besar lain. Para penganalisa menunjukkan kejayaan ini disebabkan karena Linux tidak bergantun g kepada vendor (vendor independence), biaya perangkat yang rendah, dan kepantasannya berbanding versi UNIx proprietari, serta faktor keselamatan dan kestabilannya berbanding dengan Microsoft Windows. Ciri-ciri ini juga menjadi bukti atas keunggulan model pembanguna sumber terbuka.
           
1.2  Beberapa Distro Linux Populer
Perkembangan linux cukup pesat karena sifatnya yang terbuka dan didistribusikan secara bebas dibawah skitarisasi GPL (General Public License). Diantara paket distro Linux yang populer seperti:
1. Ubuntu, arti Ubuntu diketahui hampir semua geek, defenisinya adalah sebuah kata Afrika yang berarti” kemanusiaan untuk semuanya” atau “ saya dibentuk oleh kita semua” . Distribusi Ubuntu membawa semangat Ubuntu ke dunia perangkat lunak.

2. PCLinuxOS- cukup jelas, nama ini berasal dari PC+Linux+Operating System. PCLinuxOS memiliki GUI yang mirip dengan windows untuk memudahkan transisi pemakai ke linux. Oleh karena itu mereka menggunakan kata PC (walaupun sebenarnya PC tidak eksusif untuk Windows).

3.OpenSuse- adalah sebuah proyek SUSE open source yang disposori Novell dan AMD. SUSE adalah akronim dalam bahasa Jerman untuk “Software-und System-Entwicklung” (pengembangan perangkat lunak dan sistem). Akan tetapisds jugs yang mengatakan bahwa nama SUSE dipakai untuk menghormati insinyur Konrad Zuse.

4. Fedora- adalah sebuah proyek Linux komunitas yang disponsori Red Hat. Nama Fedora” ini diambil dari jenis topi (fedora) yang dilpkai oleh pria di logo Red Hat.

5. Mandriva- distribusi Linux ini berasal dari Mandrake Linux yang dibuat oleh MandrakeSoft, akan tetapi Mandrakesoft kslsh dasri Hearst Corporation dalam hk penggunaan nama “Mandrake”. Mandrakesoft kemudian membeli Connectiva, dan hasil hasil pencampuran ini disebut Mandriva.

1.3  Eksistensi Distro Linux Ubuntu
Ubuntu berasal dari bahasa Afrika yakni “Humanity to others” yang berarti
“Kemanusiaan Untuk Sesama”. Atas dasar itulah diluncurkannya Linux Ubuntu pada tahun 2004. Sistem operasi ini adalah merupakan turunan dari sistem operasi linux yang lain, yakni Debian.
            Ubuntu itu sendiri dibuat dengan tujuan : selalu gratis tanpa adnnya biaya yang bersifat lisensi, bersifat open source (kode terbuka), dan siap untuk dipergunakan dalam kondisi yang stabil. Ubuntu didukung oleh perusahaan bernama Canonical,Ltd yang memiliki tujuan untuk membantu perkembangan,distribusi,dan promosi dari produk-produk yang bersifat open source (kode terbuka ). Perusahaan ini bermarkas di Eropah dan dipimpin oleh seorang bernama mark Shuttleworth.
            Sejak pertama kali diluncurkan, ubuntu mendapat perhatian yang sangat besar dari pengguna linux yang lain. Hal ini disebabkan karena kestabilan yang dimiliiki Ubuntu menjadi daya tarik yang besar bagi pengguna Linux diseluruh belahan dunia.,
            Versi baru Ubuntu hadir setiap 6 bulan sekali dan kita bisa mengupgrade nya secara gratis tanpa biaya sepeserpun. Versi ubuntu memiliki format Y.MM,Y=tahun dan MM adalah bulan. Misalnya ubuntu intrepid ibex 8.10, maka ubuntu tersebut mepunyai arti dikeluarkannya pada bulan Oktober (bulan 10) tahun 2008.
            Berikut ini versi-versi ubuntu yang telah beredar berikut kode nama yang telah mengembangkannya.
1)      Ubuntu Versi 4.10 (Warty Warthdog)
2)      Ubuntu Versi 5.04 (Hoary Hedgedog)
3)      Ubuntu Versi 5.10 (Breezy Badger)
4)      Ubuntu Versi 6.06 (Drapper Drake)
5)      Ubuntu Versi 6.10 (Edgy Eft)
6)      Ubuntu Versi 7.04 (Feisty Fawn)
7)      Ubuntu Versi 7.10 (Gutsy Gibbson)
8)      Ubuntu Versi 8.04 LTS (Hardy Heron)
9)      Ubuntu Versi 9.04 (Intrepid Ibex)
10)   Ubuntu Versi 9.04 (Jaunty Jackalope)

1.4  Instalasi Sistem Operasi linux Ubuntu 9.04
Ubuntu 9.04 di release pada April 2009, memiliki beberapa official varian, ubuntu,
kubuntu, xubuntu,edubuntu dan gobuntu. Release yang akan kita bahas proses instalasinya adalah Ubuntu 9.04 i386 Desktop Edition.

1.4.1        System Requierements
Spesifikasi standar yang dibuttuhkan untuk menginstal sistem operasi Ubuntu 9.04-jaunty Jackalope ke komputer atau laptop Anda adalah sebagai berikut:

Hardware
1Processor
Kebutuhan:
1.Processor  300 MHz x 86 processor
Rekomendasi
Processor 700 MHz x 86 processor
Kapasitas Hard Drive 4 GB

2. Kapasitas Hard Drive 4 GB
Kebutuhan:
Kapasitas Hard Drive 64 MB
Rekomendasi
8 GB

3. Memory (RAM)
Kebutuhan: RAM 64 MB
Rekomendasi : 384 MB

4. Video Card
Kebutuhan: @640X480
Rekomendasi : VGA 1024 x786


1.4.2        Pesan CD Installer Gratis
Anda dapat memesan CD gratis dengan mengunjungi situs dialamat: http://.ubuntu.com. Disarankan agar memiliki account Launchpad terlebih dahulu  sebelum mendaftar gratis dari link yang tersedia di situs tersebut. Selanjutnya and dapat memilih jumlah CD yang anda butuhkan dengan mengisi data diri beserta lamat penerima dan CD pesanan yang akan datang sekitar 6-10 minggu; kadang juga bisa lebih cepat. Untuk dapat mendaftar account tersebut dapat juga langsung mengetikkan alamat URL https://shipt.ubuntu.com.
Klik Register untuk membuat account baru, kemudian akan ditampilkan form isian email. Klik pada pilihan No, I Want to create an account now pada pertanyaan” Do you have lauchpad password?”
Klik tombol Continue dan isilah setiap pertanyaan pada form-foprm pendaftraan yang muncul, sampai dengan prosesnya selesai. Setelah Anda punya account di Launchpad, Anda akan bisa langsung memesan CD installer Ubuntu yang dimaksud.

1.4.3        Proses Pra Instalasi
Secara garis besar, saat menginstall ubuntu kita akan melewati beberapa tahapan
pra-instalasi:
1.      memilih Bahasa Instalasi
2.      Memilih lokasi dan Zona Waktu
3.      Memilih Keyboard
4.      Melakukan Pemartisian Hardsk
5.      Membuat User/Pengguna
6.      Migrasi Dokumen dan Setting
7.      Summary, Instalasi Grub

Dikatakan Pra-Instalasi, karena belum terjadi apapun sebelum kita menekan
tombol terakhir, install (bisa dissebut langkah 8). Proses instalasi sebenarnya akan berlansung setelah kita menekan tombol install. Setelah itu , kita tidak biusa menghentikan Ubuntu , sisten kita akan berubah.
1.4.4        Menjalankan linux Ubuntu 9.04 dengan Dengan CD
  1. Masukkan CD Linux Ubuntu kedalam Cdrom/DVDROM ada pada saat boot pertama ketika komputer dihidupkan. Pastikan BIOS anda sudah disetting agar bisa boot lewat CD. Saat boot pertama CD, akan muncul menu language “language” dengan pilihan bahasa yang dapatg digunakansebagai bahasa default Ubuntu. Bahasa inggris merupakanbahasa standar yang digunakan,tetapi jika ingin memilih bahasa yang lain, gunakan saja tombol UP atau DOWN pada keyboard anda kemudian tekan tombol enter untuk melanjutkan.

Catatan:
Jika dalam 20 detik tidak menekan tombol enter, maka ubuntu akan melanjutkan proses booting secara ototmatis dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai default bahasanya.
  1. Jika muncul kotak dialog abaikan saja, dengan menekan tombol Esc di keyboard
  2. pilih menu “Try Ubuntu without any chang to your computer” jika ingin mencoba ubuntu terlebih dahulu sebelum menginsatal ke hard disk:
  3. Selamat! Anda telah sukses menjalankan Linux Ubuntu 9.04 secara LiveCD. Anda sudah dapat bekerja dengan aplikasi OpenOffice yang sudah terintegrasi dalam Linux Ubuntu. Adaapun program aplikasi perkantoran yang sudah terintegrasi dalam paket linux tersebut adalah sebagai berikut:
  4.  
§  Open. Org Writer, yaitu Program Aplikasi Pengolah Kata atau dokumen.
Dilingkungan Windows aplikasi Windows aplikasi ini seperti fungsi Program Aplikasi Ms. Word.
§  OpenOffice.Org calc, yaitu program Aplikasi pengolah Angka atau
Spreadsheet. Dilingkungan Windows aplikasi ini seperti fungsi Program Aplikasi Microsoft Excel.
§  OpenOffice.Org Impress, yaitu Program Aplikasi Pengolah Slide atau
Presentasi di lingkungan Windows aplikasi ini seperti fungsi Program Ms.Power Point.
1.4.5        Persiapan Menginstal Ubuntu 9.04 ke dalam Hard isk anda
Untuk menginstal Ubuntu 9.04 “jaunty Jackalope” ke dalam hard disk, perlu menyediakan space kosong sebesar 11 GB, agar nantinya bisa diinstal aplikasi-aplikasi lain yang jumlahnya sangat banyak. Space kosong tersebut akan dibagi menjadi 2 partisi, antara lain:
·         1 partisi untuk GNU/Linux itu sendiri
·         Partisinya lagi untuk SWAP
Catatan: SWAP=Virtual Memory di Linux. Besarnya partisi SWAP 2x lebih besar dari main memory atau RAM personal Computer (PC)_ anda. Sebagai contoh, jika PC anda memiliki RAM 256 MB, buatlah SWAP memory sebesar 512MB.








0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites